Jumat, 03 Mei 2024

Mengembangkan Design Manajemen Jasa Era Digital 5.0

 GALIH RAEFANI

NIM    : 22010295

MAHASISWA PROGRAM MANAJEMEN STIE-MBI

Mata Kuliah    : Manajemen Jasa

Dosen                : Eko Yulianto, ST, MM


Tajuk Opini    : Mengembangkan Design Manajemen Jasa Era Digital 5.0





PENDAHULUAN

    Era digital merupakan suatu era atau zaman yang sudah mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital. Perkembangan era digital pun terus berjalan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh manusia karena sebenarnya kita sendirilah yang menuntut dan meminta berbagai hal menjadi lebih efisien dan lebih praktis. Tentunya hal ini juga akan diiringi dengan dampak negatif maupun positif dari era digital.
Generasi digital merupakan era di mana teknologi sebagai pemenuh kebutuhan sehari-hari. Pengaruh industri digital pada akhirnya turut berdampak ke semua lini industri, termasuk industri kreatif dan industri riil, seperti bisnis retail dan makanan. Hal ini menjadi pertanda kuat dari kemunculan era ekonomi digital yang mungkin akan mencapai puncaknya dalam beberapa tahun ke depan.
dengan perkembangan teknologi digital, tidak bisa dimungkiri jika berbagai usaha / aktivitas baru bisa membantu perekonomian keluarga, dan berbagai usaha lainnya.

LATAR BELAKANG

    Dalam dunia bisnis saat ini juga sudah mulai tersentuh era digital. Dimana jika kita lihat saat ini dalam dunia bisnis sudah tersedia berbagai macam jenis aplikasi. Aplikasi-aplikasi ini berguna sekali untuk memudahkan para pelaku bisnis untuk menjangkau para pelanggan atau target pasar yang lebih luas.

    Kondisi dunia bisnis saat ini jauh lebih berbeda dibandingkan dengan masa lalu. Pasalnya di masa lalu para pelaku bisnis memiliki kesulitan dalam proses untuk memasarkan dan memperkenalkan produk miliknya kepada para pelanggan.

    Bagi para pelaku bisnis yang tidak mengikuti perkembangan era digital saat ini biasanya akan mengalami kondisi kalah dengan kompetitor lain yang sudah mulai menyesuaikan bisnisnya di era digital.

  MANAJEMEN

Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.

Dari pengertian tersebut, ilmu manajemen dapat diartikan sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Sebetulnya, hal ini sudah sering terjadi di kehidupan nyata. Setiap orang juga pasti pernah mempraktikkan ilmu manajemen secara tidak langsung setiap harinya.

Selain itu, manajemen juga dapat diartikan menurut etimologinya. Manajemen berarti sebagai seni mengatur dan melaksanakan, berdasarkan Bahasa Prancis kuno. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha perencanaan, koordinasi, serta pengaturan sumber daya yang ada demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia. Tujuan tercapai karena terorganisir secara baik. 

JASA

Jasa adalah suatu kegiatan ataupun tindakan yang tidak berwujud, tidak bisa diraba, namun bisa diidentifikasi, direncanakan dan dilakukan untuk memenuhi suatu permintaan dan juga kepuasan pelanggan.

Arti lain dari jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan adanya berbagai interaksi dengan konsumen atau dengan berbagai barang milik, namun tidak terjadi kegiatan pindah kepemilikan.

Di dalam proses menghasilkan jasa, maka bisa menggunakan ataupun memanfaatkan barang yang berwujud.

Walaupun dalam menghasilkan jasa memerlukan barang berwujud, namun tidak akan terjadi pemindahan hak milik atas suatu barang tersebut.

Jenis-jenis jasa ini bisa dibedakan pada beberapa jenis, yaitu:

  • Jasa Perawatan Pribadi, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah pijat, perawatan kecantikan, salon binatu pakaian, dll.
  • Jasa Perumahan, beberapa hal yang termasuk dalam jenis ini adalah apartemen, rumah tinggal, kamar hotel, kost, dll.
  • Jasa Komunikasi, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah telepon, internet, telegram, komputer, dll.
  • Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah jasa perbaikan rumah, tukang kebun, air minum, dll.
  • Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah taxi, pengiriman barang, angkut barang, dan sewa mobil.
  • Jasa Rekreasi dan Hiburan, beberapa hal yang masuk dalam jenis jasa ini adalah tempat wisata, taman bunga, tempat hiburan, kebun binatang, dll.
  • Jasa Bisnis dan Profesi lainnya, beberapa hal yang termasuk dalam jenis jasa ini adalah jasa akuntan, jasa hukum, jasa pemasaran, dll.
  • Jasa Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa hal yang mencakup jenis jasa ini adalah asuransi, perbankan, kredit, perpajakan, dll.

Para ahli dari berbagai bidang telah memberikan pandangan dan definisi yang kaya terkait dengan pengertian jasa.

Mari kita memulai perjalanan ini untuk memahami makna dan esensi dari apa yang disebut sebagai “jasa” dalam berbagai konteks.


1. Christian Gronross

Christian Gronross menjelaskan bahwa jasa adalah suatu proses yang didalamnya terdiri dari serangkaian kegiatan intangible.

Hal yang umumnya terjadi pada kegiatan interaksi antar pelanggan dan juga karyawan jasa dan atau sumber daya barang, fisik, atau sistem penyedia jasa yang disediakan untuk mengatasi masalah pelanggan.

2. Philip Kotler

Philip Kotler berpendapat bahwa jasa adalah seluruh tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lainnya secara prinsip intangible.

Tidak mengakibatkan adanya perpindahan kepemilikan apapun. Proses produksinya ini bisa terkait dan juga bisa tidak terkait pada sebuah produk fisik.

3. Adrian Payne

Menurut Adrian Payne, jasa adalah suatu kegiatan ekonomi yang terdiri dari berbagai elemen intangible yang berkaitan dengannya.

Hal itu juga melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen ataupun dengan berbagai barang milik, tapi tidak akan terjadi perpindahan kepemilikan.

4. Djaslim Saladin

Saladin menerangkan bahwa jasa adalah seluruh kegiatan ataupun manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lainnya dan pada dasarnya tidak memiliki wujud dan tidak akan menghasilkan suatu kepemilikan.

5. Ratih Hurriyati

Ratih berpendapat bahwa jasa adalah suatu kegiatan ekonomi dengan output selain produk dalam hal pengertian fisik, dikonsumsi dan juga diproduksi pada waktu yang bersamaan, mampu memberikan nilai tambah, dan secara prinsip tidak berwujud untuk pelanggan pertamanya.

HAMBATAN DALAM MEMBANGUN BISNIS JASA

  1. Memberikan service yang excellent untuk pelanggan

    Dalam menjalankan usaha bidang jasa, bisa dibilang customer service merupakan hal paling penting selain produk jasa itu sendiri. Pada masa-masa awal menjalankan usaha jasa, mungkin Anda akan merasa kesulitan untuk mendapatkan konsumen. Namun, bagaimana pun juga, Anda harus tetap memberikan layanan yang baik. Jika ada orang yang bertanya di akun media sosial Anda, berikan respon secepatnya. Apabila ada konsumen yang komplain, dengarkan baik-baik dan jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih baik lagi.

    Tentu masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam memberikan service yang excellent terhadap pelanggan. Tantangannya terletak pada karakter pelanggan yang berbeda-beda sehingga satu metode terkadang tak bisa diterapkan untuk seluruh pelanggan. Kuncinya adalah selalu gunakan kata-kata yang bersifat positif untuk menunjukkan bahwa Anda berempati akan keluh kesah mereka.

    Misalnya, katakanlah Anda memiliki usaha bidang jasa desain grafis. Lalu, ada seorang klien yang meminta dibuatkan desain logo untuk besok hari. Padahal, Anda tidak bisa melakukan permintaan yang mendadak seperti itu. Namun, jangan bilang bahwa Anda tidak bisa melakukannya. Anda bisa menggunakan kalimat yang tetap bernada positif seperti ini, “Kami bisa menyelesaikan logo tersebut besok lusa. Jika Anda berkenan, kami akan segera mengirimkan form perjanjian kerja sama.”

  2. Memilih strategi pemasaran yang tepat

    Jika dibandingkan dengan usaha di bidang barang, melakukan marekting di bidang jasa bisa dikatakan lebih menantang karena Anda tidak punya barang secara fisik untuk dipromosikan. Namun, di zaman digital seperti sekarang, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran bisnis jasa. Salah satunya adalah melalui website. Dalam website tersebut, buatlah halaman baru khusus untuk blog. Lalu, buatlah konten blog yang masih terkait dengan bidang jasa yang Anda tawarkan.

    Misalnya, jika Anda menjual jasa digital copywriting, Anda bisa menulis artikel tentang digital marketing. Jangan lupa cantumkan keywords dan terapkan strategi SEO pada seluruh konten blog Anda. Dengan begitu, ketika ada orang yang mengetikkan keywords tertentu pada mesin pencari, artikel Anda berpeluang muncul pada deretan teratas. Mereka akan membaca artikel Anda dan pada akhirnya mengeksplor website Anda lebih jauh. Jumlah traffic pun meningkat dan Anda bisa mengarahkan para pengunjung website untuk menggunakan jasa Anda.

    Selain website, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Facebook dan Twitter biasanya lebih banyak digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menampung feedback mereka. Anda juga bisa menggunakan kedua platform tersebut untuk mengumumkan informasi terkait produk jasa Anda. Sedangkan, berhubung Anda tak memiliki produk fisik untuk dipotret dan diunggah ke Instagram, Anda bisa memanfaatkan platform satu ini untuk menunjukkan behind the scene suasana kantor, memberikan tips singkat melalui desain yang oke, atau mengadakan kontes. Dengan begini, awareness audiens terhadap brand Anda bisa meningkat.

  3. Pencatatan laporan keuangan yang kurang terurus

    Banyak pengusaha dengan ide brilian, tapi tidak menguasai bidang finansial dengan baik. Hal ini bisa saja menimbulkan kekacauan internal di kemudian hari. Perhatikan beberapa hal ini: bagaimana cara Anda membuat invoice kepada customer dan memastikan progress untuk invoice tersebut tercatat seluruhnya? Lalu, bagaimana dengan pengecekan transaksi keuangan di bank? Tentukan periode pengecekan sehingga waktu Anda tidak terkuras dengan pencocokan transaksi. Satu lagi, apakah Anda mempunyai sistem penyimpanan data keuangan yang rapi dan aman? Jika usaha bidang jasa Anda dimulai dengan staf berjumlah kecil namun dengan kecepatan permintaan yang kian naik, Anda juga harus memperhatikan alur pencatatan laporan keuangan ini.

  4. Menghadapi isu cash flow

    Begitu juga dengan masalah cash flow. Memiliki modal dengan aset tentu membuat para pebisnis tenang, tapi apakah perputaran uang ini berjalan lancar? Kebanyakan pebisnis pemula tersandung di hal ini. Meski Anda akan terjun ke usaha di bidang jasa yang tak membutuhkan produksi suatu barang, tapi Anda juga membutuhkan barang untuk mendukung kualitas kerja Anda. Di sinilah kecermatan dalam pemantauan kondisi keuangan perusahaan dibutuhkan agar uang kas Anda berada dalam angka stabil.

  5. Melupakan pengurusan pajak

    Satu hal lagi yang kerap dilupakan, terutama oleh mereka yang baru pertama kali terjun dalam bisnis jasa, adalah pengurusan pajak. Terlebih ketika Anda berkecimpung dalam bisnis jasa online. Pemotongan pajak dalam aktivitas finansial harian dan pengurusan pajak kadang tak terurus karena kurang perhitungan atau tidak mengerti seluk beluk pajak itu sendiri. Jika Anda memiliki beberapa karyawan dengan sistem penggajian bulanan dan jumlah gaji mereka memenuhi syarat untuk dipotong dengan pajak penghasilan, Anda juga tak boleh melupakan hal ini. Selain penting untuk Anda, bukti potong pajak juga diperlukan karyawan untuk melaporkan pajak tahunan mereka.

    Ketika berniat memulai usaha dagang, Anda sebaiknya langsung memperhitungkan masalah pajak dan pembayaran gaji karyawan Anda. Ketika usaha Anda sudah berkembang pesat, sistem yang Anda bangun dari awal sudah rapi dan tidak menimbulkan kekusutan finansial di masa mendatang.



Dalam era digital yang terus berkembang, ada berbagai peluang yang menarik untuk dikejar. 

1. Konsultan IT

Ide bisnis pertama adalah menjadi Konsultan IT. Sebagai seorang konsultan IT, Anda akan membantu perusahaan mengatasi masalah teknologi mereka, mulai dari infrastruktur hingga keamanan data, meningkatkan efisiensi operasional, dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Tentu, menjadi seorang konsultan IT perlu kemampuan yang mumpuni. Untuk bisa sukses menjalankan ide bisnis jasa yang satu ini, kamu harus mengetahui seluk-beluk dunia IT secara menyeluruh. Kamu juga harus mampu melihat masalah dan menemukan pemecahan atas masalah yang ditemukan.

2. Konsultan Digital Marketing

Selain IT, menjadi Konsultan Digital Marketing adalah pilihan yang baik. Sebagai konsultan bisnis digital marketing, Anda akan membantu bisnis mengoptimasi online presence mereka melalui strategi pemasaran digital yang efektif, seperti iklan PPC (pay-per-click), SEO (search engine optimization), media sosial, dan content creation.

Tentu, kamu harus mengasah pengetahuan bisnis digital marketing Anda terlebih dahulu. Anda harus menjadi mahir memahami proses bisnis dalam waktu singkat, melihat masalahnya, menyusun strateginya, dan memberikan rekomendasi kepada calon klien.

3. E-commerce Niche

Dalam e-commerce niche, Anda akan fokus pada produk atau layanan yang sangat spesifik, memungkinkan Anda untuk menargetkan calon pembeli dan pasar yang kebutuhannya masih terabaikan.

Ide bisnis jualan online memang sudah tidak asing lagi, tapi dengan memfokuskan perhatian pada satu segmen khusus, e-commerce niche juga bisa menjadi ide bisnis unik dengan potensi menjanjikan di tahun 2024.

4. Aplikasi Mobile

Dengan menciptakan aplikasi mobile, Anda dapat menghasilkan pendapatan dari iklan, pembelian dalam aplikasi, atau dari biaya langganan, sambil memberikan solusi atau hiburan kepada pengguna Anda.

Dengan menguasai pembuatan aplikasi mobile, Anda bisa menjadi freelance android developerdan mencari klien di berbagai perusahaan besar, menengah, atau bisnis kecil yang membutuhkan jasamu. Tentu, Anda perlu membuat portofolio untuk meyakinkan calon klien Anda.

Dengan portofolio atau kemampuan mumpuni, Anda juga bisa mengembangkan aplikasi mobile sebagai dasar ide bisnis startup kedepannya.


MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN BISNIS JASA

Tingkatkan Promosi

Setelah usaha Anda berdiri, yang bisa dilakukan berikutnya adalah promosi. Ini menjadi salah satu cara mengembangkan usaha yang penting karena konsumen perlu mengenal Jasa/Produk, serta jasa yang Anda tawarkan. Buatlah materi promosi yang unik serta tingkatkan frekuensinya agar lebih banyak orang yang mengenal Jasa/Produk atau jasa yang Anda tawarkan. Memanfaatkan berbagai jalur promosi, mulai dari menyebarkan brosur, memasang iklan online, memanfaatkan sosial media dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang masih di tahap pemula, manfaatkan media sosial dan berbagai kecanggihannya seefektif mungkin. Karena, menggunakan media sosial jauh lebih murah dan media sosial bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen. Tawarkan pula berbagai promo, diskon serta voucher menarik. Dengan promosi yang gencar, konsumen pun akan semakin familiar dengan merek Anda dan menjadikannya pilihan.

Kenali Kompetitor

Akan ada banyak pelajaran yang diambil ketika Anda mulai mengenali kompetitor. Promosi yang terus menerus dilakukan pun tidak akan efektif jika tidak memperhatikan kompetitor. Lihat apa saja nilai jual serta kelebihan yang dimiliki oleh pesaing. Anda tidak perlu mengikuti persis apa yang dilakukan mereka untuk membuat pendapatan berada dalam posisi yang setara. Mengenali kompetitor ini dilakukan dengan tujuan agar bisnis Anda bisa mengeluarkan sesuatu yang berbeda. Melakukan hal yang unik kepada promosi serta Jasa/Produk atau jasa yang ditawarkan bisa saja mendatangkan hasil yang lebih baik dari kompetitor.

Tingkatkan Sumber Daya

Peningkatan sumber daya dilakukan secara keseluruhan baik itu sumber daya Jasa/Produk maupun sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya Jasa/Produk dilakukan dengan memperhatikan penggunaan bahan serta proses yang diterapkan untuk menciptakan suatu barang. Semakin baik sumber daya yang digunakan, maka semakin berkualitas pula Jasa/Produk yang akan dihasilkan. Dari sisi sumber daya manusia, langkah pertama yang bisa ditempuh adalah memilih tim dan karyawan yang handal. Lihat bagaimana tim dan karyawan Anda ketika bekerja sama atau ketika berhadapan dengan konsumen. Melayani konsumen dengan sikap yang ramah. Jasa/Jasa/Produk berkualitas yang dibarengi dengan pelayanan yang baik, pastinya akan menarik konsumen untuk mencoba dan nantinya akan datang kembali.

Utamakan Pelayanan Konsumen

Jika peningkatan sumber daya manusia sudah berjalan secara optimal, maka pelayanan konsumen juga menjadi salah satu aspek penting yang perlu Anda perhatikan. Poin ini sangatlah penting karena pelayanan terbaik kepada konsumen adalah cara terbaik untuk membuat mereka tetap bertahan pada merek Anda. Tidak mengherankan jika layanan konsumen berkualitas tinggi harus jadi hal yang dipertahankan ketika banyak perubahan harus dilakukan. Memanfaatkan dunia digital untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Berikan update mengenai Jasa/Produk atau jasa Anda. Berikan pula kesan yang baik lewat keramahan dalam melayani, menjawab pertanyaan konsumen, memberikan solusi serta menawarkan bantuan. Selain itu Anda juga diharapkan mampu mengedukasi konsumen dengan baik.

Lakukan Inovasi Jasa/Produk

Jangan sampai Anda merasa cepat puas dengan Jasa/Produk yang sudah dibuat sebelumnya. Zaman akan terus berubah dan tren pun selalu mengikutinya. Maka dari itu, selain membuat Jasa/Produk dan menjaga kualitasnya, inovasi pun harus tetap dilakukan karena konsumen memang cenderung cepat merasa bosan. Jika usaha Anda tidak bisa mengimbanginya, konsumen bisa saja berpindah kepada kompetitor. Antisipasi perubahan konsumen ini dan jangan takut untuk mencoba hal-hal yang baru dan berbeda.

Minimalisasi Biaya Operasional

Tujuan dalam membangun usaha adalah untuk menghemat biaya pengeluaran dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Maka dari itu, Anda harus benar-benar mengawasi berapa modal dan biaya operasional  yang dikeluarkan serta pendapatan yang dihasilkan. Ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan yang dipenuhi oleh bisnis selaras dengan apa saja yang seharusnya didapatkan untuk menciptakan pertumbuhan.

Investasi

Apabila berhemat saja tidak cukup, maka Anda perlu mencari cara mengembangkan usaha agar keuntungan yang Anda hasilkan bisa terus berputar. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan berinvestasi. Kini telah banyak media investasi, baik untuk Anda yang bermodal besar ataupun kecil. Bisa dengan investasi saham, properti, emas, deposito berjangka dan berbagai jenis investasi lainnya. Namun, sebelumnya pastikan untuk mengecek secara lengkap informasi mengenai investasi yang akan Anda jalankan. Jangan sampai niat untuk meraup keuntungan berujung pada kerugian.

Atur Keuangan dengan Baik

Ketika usaha yang didirikan sudah mulai berjalan, salah satu cara mengembangkan usaha yang paling penting adalah mengatur keuangan dengan benar. Sejalan dengan poin sebelumnya, hal ini dilakukan agar pengeluaran dan penghasilan dari usaha Anda bisa berjalan dengan seimbang. Pengaturan keuangan memang sedikit rumit, karena itu banyak yang melakukan dengan seadanya. Padahal ini merupakan bagian krusial dalam perkembangan sebuah bisnis. Tidak heran jika banyak sekali usaha yang gagal karena salah dalam mengelola keuangan. Untuk melakukan pengelolaan keuangan, Anda bisa mempekerjakan seorang akuntan yang kompeten. Apabila pengelolaan data yang dilakukan cukup banyak, seorang akuntan pun pasti membutuhkan bantuan untuk menyederhanakan pekerjaannya. Sebagai solusi, Anda bisa memilih untuk menggunakan software akuntansi agar perhitungan bisa dilakukan secara efisien.

Memperluas Jaringan

Memperluas jaringan bisa dilakukan dengan memperluas pemasaran. Anda bisa membuka channel pemasaran yang baru atau mendirikan cabang baru. Jika mempunyai toko offline, Anda bisa mencoba jalan baru dengan melakukan pemasaran secara online, begitupun sebaliknya. Jika promosi di satu platform belum cukup memberikan keuntungan, coba dengan platform lainnya yang lebih efektif. Perluasan ini tentu saja harus dibarengi dengan peningkatan suplai bahan dan Jasa/Produksi.

KESIMPULAN

Pada tugas kuliah ini membahas Bisnis Jasa Era digital, berkembangnya Teknologi untuk saat ini dan masa mendatang sangat lah berpengaruh untuk kehidupan dalam segala aspek, maka dari itu secara tidak langsung agar tersadar untuk melek untuk mempelajari dan berkembang bersama teknologi.


"Membuka Bisnis sangatlah mudah dan membuat berkembangnya bisnis butuh perjuangan,tetapi ingatlah Banyak Cara Untuk Melumpuhkan Ketidakmungkinan" - Galih Raefani


Refrensi    :

https://stekom.ac.id/artikel/sukses-di-era-digital-bagaimana-caranya#:~:text=era%20digital%20merupakan%20suatu%20era,ke%20arah%20yang%20serba%20digital.

https://www.gramedia.com/literasi/era-digital/#1_bidang_komunikasi

https://www.cermati.com/artikel/manajemen-pengertian-manajemen-fungsi-dan-jenis-keilmuan-yang-harus-kamu-tahu

https://accurate.id/bisnis-ukm/jasa-adalah/

https://sleekr.co/blog/tantangan-menjalankan-usaha-bidang-jasa/

https://kargo.tech/blog/cara-mengembangkan-bisnis-di-bidang-jasa-atau-produk/

https://idstar.co.id/ide-bisnis-digital-kreatif/

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda